You are here:-, Relasi & Cinta-PUTUS CINTA

PUTUS CINTA

Putus cinta bukanlah yang yang mudah untuk dilalui, apalagi jika hubungan yang dibangun telah sedemikian kuat. Akan ada banyak perasaan yang muncul setelah putus cinta, marah, sedih, kesal, kecewa, lega, dll. Perasaan perasaan yang muncul ini tentu saja dipengaruhi oleh penyebab putusnya suatu hubungan. Bagaimana kita ‘move on’ setelah putus, tentu juga bergantung pada apakah kita sudah menerima keadaan atau belum. Jika kita sudah menerima keputusan untuk berpisah biasanya akan lebih mudah untuk menghadapi suasana setelah putus. Namun, jika kita masih belum siap dan belum menerima bahwa hubungan kita telah putus, ini yang akan menghambat diri kita untuk segera ‘move on’.

Sebaiknya apa sih yang dapat dilakukan setelah putus cinta. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar kita dapat memahami dan menerima keadaan putus cinta, antara lain:

  1. Telaah kembali penyebab putus

Apakah penyebab putus merupakan hal hal yang sepele yang bisa didiskusikan ataukah memang hal besar dan mendasar yang sulit untuk dicari jalan tengahnya?

  1. Berikan waktu kepada diri sendiri untuk menerima keadaan putus.
  2. Lebih memperhatikan kebahagiaan diri. Gunakan waktu untuk melakukan ‘me time’ atau hal hal yang disukai. Hal ini dimaksudkan agar pikiran dapat menjadi lebih jernih dan perasaan menjadi lebih tenang, sehingga dapat lebih rasinal dan tidak emosional dalam bertindak.
  3. Introspeksi diri. Cobalah untuk lebih memahami diri sendiri, apa kekuatan dan kelemahan kita. Buatlah target untuk mengembangkan kekuatan kita.
  4. Mengembangkan sosialisasi. Bertemu teman untuk sekedar makan bersama atau bertukar pikiran sangat baik agar kita tidak melulu memikirkan keadaan putus yang baru dialami. Tertawa bersama teman juga dapat mempengaruhi mood sehingga kita dapat lebih nyaman dan tenang.
  5. Usahakan untuk ‘tidak penasaran’ terhadap mantan pasangan. Fokuslah pada keadaan diri sendiri dulu, pada kebahagiaan diri sendiri. Karena jika kita menemukan hal hal yang tidak kita sukai dari mantan, dikhawatirkan akan kembali mempengaruhi mood dan perasaan kita. Kecuali, jika kita memang benar benar sudah ‘move on’ dan menerima keadaan.
  6. Melakukan aktifitas fisik seperti berolah raga atau hal lainnya. Karena aktifitas fisik dapat membuat tubuh menjadi lebih fit dan mood menjadi lebih baik.

Jika seseorang telah menerima keadaan putus, maka akan lebih mudah baginya untuk mulai menjalin hubungan sebagai teman dengan mantan pasangan.

Rena Masri, S. Psi, M. Si, Psikolog

Psikolog Klinis dewasa

By |2019-10-03T02:41:20+00:00February 21st, 2019|Categories: Cinta, Relasi & Cinta|0 Comments

Leave A Comment