You are here:-, Pernikahan, Relasi & Cinta-Temukan Bahasa Cinta Kita dan Pasangan

Temukan Bahasa Cinta Kita dan Pasangan

Dr. Gary Chapman, seorang marriage counselor mengemukakan tentang bahsa cinta, yaitu cara orang mengekspresikan perasaan cintanya pada orang lain, dan bila cara tersebut dilakukan oleh pasangannya maka akan membuatnya merasa dicintai. Ia membagi bahasa cinta ke dalam 5 bahasa, yaitu :

  1. Words of Affirmation

Bentuk Bahasa cinta ini adalah berupa pujian atau kata kata dan kalimat kalimat yang romantis dan membangun. Jika bahasa cinta kita adalah “word of affirmation”, biasanya kita akan merasa dicintai jika pasangan kita memuji kita, misalnya :”sayang kamu cantik sekali hari ini”, “kamu tau nggak sih, aku tuh sayang banget sama kamu sayang”, dll. Kalimat kalimat romantis yang diucapkan pasangan terhadap kita membuat kita merasa dicintai, bersemangat, dan  dapat menjadi kan hari kita terasa lebih indah.

Sebaliknya, jika pasangan memberikan kritik biasanya individu dengan tipe Bahasa cinta ini akan menjadi mudah sakit hati atau tersinggung.

  1. Quality Time

Bahasa cinta ini diartikan dengan menghabiskan waktu bersama atau melakukan kegiatan bersama. Misalnya, kita sangat menyukai kegiatan menonton bioskop, maka jika pasangan mengajak menonton bioskop, kita akan merasa dicintai karena pasangan mengerti apa yang kita inginkan. Atau jika kita sangat menikmati mengobrol berdua pasangan, maka kita akan merasa sangat terganggu jika pasangan sibuk dengan gadgetnya, atau pasangan terkesan tidak memperhatikan apa yang kita bicarakan. Namun, jika pasangan mendengarkan kita secara antusias dengan penuh perhatian, kita akan merasa dicintai.

  1. Receiving Gifts

Individu dengan bahasa cinta ini bukan diartikan sebagai individu yang materialistis. Kita sangat menghargai usaha pasangan kita dalam memberikan hadiah kepada kita. Individu dengan Bahasa cinta ini adalah individu yang menyukai hadiah. Hadiah apapun, besar maupun kecil, murah ataupun mahal. Ketika pasangan memberi hadiah, walaupun itu hanya sebuah kue kecil misalnya, but, it will make your day, dan kita akan merasa dicintai.

  1. Acts of Service

Apa yang dilakukan pasangan untuk meringankan beban kita merupakan sebuah ungkapan cinta bagi individu dengan tipe Bahasa cinta ini. Membantu mencucikan piring, menjaga anak anak, memijat punggung, mengerjakan tugas kantor, dll dirasakan sebagai ungkapan cinta pada pasangan. Individu dengan tipe bahasa cinta ini merasa senang, bahagia, dan merasa dicintai dengan usaha pasangan untuk membahagiakan dan meringankan beban kita.

  1. Physical Touch

Sentuhan fisik. Sentuhan fisik disini bukan saja dihubungkan dengan kegiatan seksual. Namun, sentuhan fisik seperti bergandengan tangan, memeluk, menyentuh bahu kita, membelai rambut, dll dirasakan sebagai bentuk ungkapan cinta dari pasangan. Individu dengan Bahasa cinta akan merasakan keintiman, dicintai, dilindungi dengan sentuhan dari pasangannya. Oleh karena itu physical presence sangat dibutuhkan pada individu dengan Bahasa cinta ini.

Dengan mengetahui Bahasa cinta pasangan dan mengembangkan perilaku romantis yang sesuai dengan Bahasa cinta pasangan kita, diharapkan pasangan akan merasa lebih dicintai, diperhatian, dan nyaman bersama kita

By |2019-10-03T02:42:30+00:00January 20th, 2019|Categories: Cinta, Pernikahan, Relasi & Cinta|0 Comments

Leave A Comment