You are here:--Resolusi Tahun Baru

Resolusi Tahun Baru

Saat di penghujung tahun biasanya kita sering mendengar kata kata “resolusi” untuk tahun berikutnya.

sebenernya apa sih yang dimaksud dengan “resolusi”?. Jika kita melihat arti dalam KBBI (kamus besar bahasa indonesia), “resolusi” berarti putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang sesuatu. Jika dikaitkan dengan penghujung tahun, biasanya resolusi ini mengarah kepada rencana rencana apa yang akan kita lakukan atau kita capai di tahun berikutnya.

Jadi resolusi biasanya muncul karena memang ada hal hal yang ingin dicapai oleh seseorang. Atau bisa juga karena mengalami kegagalan, sehingga seseorang merencakan perbaikan di tahun berikutnya. Tujuannya dari resolusi ini pada dasarnya adalah keinginan untuk menjadi lebih baik.

Setiap manusia biasanya memiliki tujuan dan target target dalam kehidupannya, baik itu terkait pasangan, karier, kesehatan, finansial, pendidikan, dan masih banyak lagi. Target target ini yang biasanya dijadikan resolusi untuk menuntun dan menyusun langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk mencapainya.

Ada beberapa manfaat dari menetapkan resolusi, antara lain:

  • Memotivasi diri untuk mencapai target
  • Mempunyai tujuan yang jelas
  • Memperbaiki kebiasaan atau rutinitas sehingga menjadi lebih terorganisasi
  • Dan lain lain

Resolusi yang sering kita dengar biasanya terkait dengan pasangan, misalnya “tidak jomblo lagi”, “menikah”, “move on”, dll. ini merupakan target yang ingin dicapai di tahun berikutnya.

Namun, sebaiknya sebuah resolusi tentunya diikuti oleh langkah langkah konkrit apa yang harus dilakukan untuk tercapainya resolusi tersebut. Misalnya resolusi tahun 2019 adalah untuk “move on” dari mantan pacar. Nah resolusi ini diikuti dengan langkah langkah apa saja yang dapat dilakukan, misalnya:

  • melakukan kegiatan positif yang kita sukai
  • menemukan kelebihan dan kekurangan diri sendiri
  • mengembangkan kemampuan atau kelebihan diri
  • melakukan hobby yang positif
  • mengembangkan sosialisasi, mencari teman teman yang bisa memberikan dukungan positif
  • jika masih merasa terganggu dengan barang barang pemberiannya, simpan atau berikanlah kepada orang lain yang membutuhkan

Langkah – langkah konkrit ini diharapkan mampu membantu tercapainya resolusi yang sudah ditetapkan.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ada sebagian orang yang menetapkan resolusi hanya untuk iseng iseng saja, jika tercapai Alhamdulillah, jika tidak tercapai tidak apa apa. Tapi untuk sebagian orang resolusi bisa menjadi suatu ketetapan yang memang dipegang kuat dan benar benar melakukan hal hal untuk mencapai resolusi tersebut. Dan biasanya resolusi tersebut akan mempengaruhi dirinya sendiri, misalnya resolusi untuk kenaikan jabatan, resolusi untuk  diterima di perguruan tinggi tertentu, dll.

Hal ini yang akan mempengaruhi apakah resolusi tersebut  akan membentuk kebiasaan, langkah langkah, dan perilaku seseorang. Tentunya jika resolusi dibuat hanya sekedar untuk iseng saja, maka kecil kemungkinan resolusi ini akan mempengaruhi perilaku seseorang. Namun jika resolusi ditetapkan dengan sungguh sungguh dan keinginan yang kuat untuk mencapainya, biasanya perilaku, sikap, kebiasaan juga akan mengarah kepada pencapaian resolusi tersebut.

By |2019-10-03T03:08:00+00:00January 20th, 2019|Categories: Dan lain-lain|0 Comments

Leave A Comment